Kepala

  1. Memimpin penyelenggaraan penjaminan mutu akademik Universitas PGRI Banyuwangi (UNIBA)
  2. Menjaminkan mutu akademik untuk memenuhi kepuasan pelanggan
  3. Menyusun kebijakan dan sasaran mutu Badan Penjaminan Mutu (BPM)
  4. Melakukan review terhadap dokumen mutu
  5. Mengesahkan semua dokumen mutu akademik
  6. Menyusun program kerja dan Rencana Bisnis Anggaran (RBA) BPM
  7. Merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, mengendalikan, dan meningkatkan mutu akademik
  8. Memotivasi dan memfasilitasi pelaksanaan semua kegiatan divisi
  9. Mengevaluasi pencapaian sasaran mutu setiap divisi
  10. Mengkoordinasi tindaklanjut hasil evaluasi serta penanganan keluhan pelanggan terkait proses layanan penjaminan mutu
  11. Membuat perencanaan pelaksanaan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) dan membahas agenda RTM
  12. Mengkoordinasikan kegiatan penjaminan mutu akademik dengan Gugus Kendali Mutu (GKM), Unit Penjamin Mutu (UPM), dan unit kerja terkait di lingkungan UNIBA
  13. Mengkoordinasi penyusunan Laporan Kinerja BPM
  14. Menyusun laporan triwulan Capaian Kinerja BPM
  15. Melaporkan capaian kinerja triwulan kepada pimpinan

Sekretaris

  1. Melakukan pengendalian dokumen (pemeriksaan kebenaran dan kelengkapannya termasuk identifikasi dan kode dokumen); pengesahan oleh yang berwenang; registrasi untuk pengendalian status revisi; pemberian stempel terkendali atau tidak terkendali; dan pendistribusian kepada personil-personil yang memerlukan termasuk personil-personil yang terkait dalam proses layanan
  2. Mengkoordinasikan pemusnahan dokumen yang kadaluarsa; pendistribusian kembali dokumen yang mengalami revisi; serta penyimpanan, dan pemberian stempel kadaluarsa atau dokumen induk yang kadaluarsa
  3. Memfasilitasi kebutuhan kerja dan mengkoordinasi program kerja setiap divisi dan staf administrasi
  4. Bersama Kepala BPM merencanakan program kerja dan Rapat Tinjauan Manajemen

Divisi Pengkajian dan Pengembangan Sistem Mutu Akademik

  1. Mengkaji secara mendalam standar mutu, pedoman dan panduan penjaminan mutu bidang akademik sesuai perundang-undangan yang berlaku
  2. Membuat rekomendasi berdasarkan hasil kajian perundang-undangan
  3. Merumuskan standar mutu, pedoman dan panduan penjaminan mutu bidang akademik sesuai perundang-undangan yang berlaku
  4. Mengkoordinasi kegiatan validasi rancangan Standar Mutu dan Pedoman Penjaminan Mutu
  5. Bersama Divisi Data dan Sistem Informasi melakukan sosialisasi Standar Mutu dan Pedoman Penjaminan Mutu
  6. Merumuskan instrumen terkait Divisi Audit, Divisi Akreditasi serta Divisi Pengelolaan Data dan Sistem Informasi
  7. Membuat laporan kinerja triwulan divisi kepada Kepala BPM

Divisi Akreditasi

  1. Mengkoordinasikan pelaksanaan program pendampingan akreditasi nasional maupun international institusi/program studi dalam rangka meningkatkan/mempertahankan kualitas/status akreditasi
  2. Menyelenggarakan pelatihan penyusunan borang akreditasi
  3. Menyelenggarakan pelatihan asesor internal UNIBA
  4. Melakukan penilaian/review borang Akreditasi Program Studi (APS) dan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT)
  5. Melakukan pendampingan penyusunan Borang dan Evaluasi Diri (ED) Program Studi
  6. Memberikan rekomendasi kelayakan Borang Program Studi sebelum disubmit melalui SAPTO
  7. Mengkoordinasikan penugasan asesor internal
  8. Menghimpun data hasil analisis asesor internal
  9. Mengkoordinasikan pelaksanaan simulasi visitasi
  10. Bersama Divisi Data dan Sistem Informasi mengembangkan sistem informasi data elektronik akreditasi nasional dan internasional untuk mempermudah pemantauan dan pendampingan
  11. Memantau dan menginformasikan masa berlaku akreditasi kepada Program Studi terkait
  12. Membuat laporan kinerja triwulan divisi kepada Kepala BPM

Divisi Audit

  1. Mengkoordinasikan pelaksanakan seluruh kegiatan audit mutu akademik
  2. Mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan monitoring dan evaluasi pembelajaran GKM dan UPM
  3. Membuat jadwal pelaksanaan kegiatan monev
  4. Memberi pengarahan kepada auditor tentang monev
  5. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan monevin kepada Kepala BPM
  6. Melaporkan seluruh kegiatan AMI kepada Kepala BPM
  7. Membuat laporan kinerja triwulan divisi kepada Kepala BPM

Divisi Pengolahan Data dan Sistem Informasi

  1. Menyiapkan data dan informasi bidang akademik berkaitan dengan akreditasi prodi dan institusi
  2. Mendokumentasikan dan mempublikasikan hasil kegiatan BPM
  3. Melakukan maintenance/update data di laman bpm.uniba.ac.id
  4. Mendokumentasikan data dan informasi akademik yang dibutuhkan Divisi SPM, Akreditasi, dan Monev
  5. Merencanakan dan melakukan survei kepuasan pelanggan BPM dan kepuasan layanan manajemen UNIBA
  6. Membuat laporan hasil survei kepuasan dan keluhan pelanggan BPM dan kepuasan layanan manajemen UNIBA
  7. Membuat laporan kinerja triwulan divisi kepada Kepala BPM
  8. Membuat laporan keluhan pelanggan dan menindaklanjuti ke divisi/unit kerja terkait
  9. Memfasilitasi pengiriman borang melalui SAPTO

Staf

  1. Mengkoordinasi pengelolaan dan pendokumentasian administrasi BPM
  2. Mengajukan permohonan penerbitan surat tugas untuk setiap kegiatan baik ke luar maupun di dalam BPM
  3. Membuat notulensi rapat BPM dan RTM
  4. Membuat usulan pengadaan barang, pengajuan perbaikan barang, dan memelihara iklim kerja di BPM