Skip to content
Kepala
- Memimpin penyelenggaraan penjaminan mutu akademik Universitas PGRI Banyuwangi (UNIBA)
- Menjaminkan mutu akademik untuk memenuhi kepuasan pelanggan
- Menyusun kebijakan dan sasaran mutu Badan Penjaminan Mutu (BPM)
- Melakukan review terhadap dokumen mutu
- Mengesahkan semua dokumen mutu akademik
- Menyusun program kerja dan Rencana Bisnis Anggaran (RBA) BPM
- Merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, mengendalikan, dan meningkatkan mutu akademik
- Memotivasi dan memfasilitasi pelaksanaan semua kegiatan divisi
- Mengevaluasi pencapaian sasaran mutu setiap divisi
- Mengkoordinasi tindaklanjut hasil evaluasi serta penanganan keluhan pelanggan terkait proses layanan penjaminan mutu
- Membuat perencanaan pelaksanaan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) dan membahas agenda RTM
- Mengkoordinasikan kegiatan penjaminan mutu akademik dengan Gugus Kendali Mutu (GKM), Unit Penjamin Mutu (UPM), dan unit kerja terkait di lingkungan UNIBA
- Mengkoordinasi penyusunan Laporan Kinerja BPM
- Menyusun laporan triwulan Capaian Kinerja BPM
- Melaporkan capaian kinerja triwulan kepada pimpinan
Sekretaris
- Melakukan pengendalian dokumen (pemeriksaan kebenaran dan kelengkapannya termasuk identifikasi dan kode dokumen); pengesahan oleh yang berwenang; registrasi untuk pengendalian status revisi; pemberian stempel terkendali atau tidak
terkendali; dan pendistribusian kepada personil-personil yang memerlukan termasuk personil-personil yang terkait dalam proses layanan
- Mengkoordinasikan pemusnahan dokumen yang kadaluarsa; pendistribusian kembali dokumen yang mengalami revisi; serta penyimpanan, dan pemberian stempel kadaluarsa atau dokumen induk yang kadaluarsa
- Memfasilitasi kebutuhan kerja dan mengkoordinasi program kerja setiap divisi dan staf administrasi
- Bersama Kepala BPM merencanakan program kerja dan Rapat Tinjauan Manajemen
Divisi Pengkajian dan Pengembangan Sistem Mutu Akademik
- Mengkaji secara mendalam standar mutu, pedoman dan panduan penjaminan mutu bidang akademik sesuai perundang-undangan yang berlaku
- Membuat rekomendasi berdasarkan hasil kajian perundang-undangan
- Merumuskan standar mutu, pedoman dan panduan penjaminan mutu bidang akademik sesuai perundang-undangan yang berlaku
- Mengkoordinasi kegiatan validasi rancangan Standar Mutu dan Pedoman Penjaminan Mutu
- Bersama Divisi Data dan Sistem Informasi melakukan sosialisasi Standar Mutu dan Pedoman Penjaminan Mutu
- Merumuskan instrumen terkait Divisi Audit, Divisi Akreditasi serta Divisi Pengelolaan Data dan Sistem Informasi
- Membuat laporan kinerja triwulan divisi kepada Kepala BPM
Divisi Akreditasi
- Mengkoordinasikan pelaksanaan program pendampingan akreditasi nasional maupun international institusi/program studi dalam rangka meningkatkan/mempertahankan kualitas/status akreditasi
- Menyelenggarakan pelatihan penyusunan borang akreditasi
- Menyelenggarakan pelatihan asesor internal UNIBA
- Melakukan penilaian/review borang Akreditasi Program Studi (APS) dan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT)
- Melakukan pendampingan penyusunan Borang dan Evaluasi Diri (ED) Program Studi
- Memberikan rekomendasi kelayakan Borang Program Studi sebelum disubmit melalui SAPTO
- Mengkoordinasikan penugasan asesor internal
- Menghimpun data hasil analisis asesor internal
- Mengkoordinasikan pelaksanaan simulasi visitasi
- Bersama Divisi Data dan Sistem Informasi mengembangkan sistem informasi data elektronik akreditasi nasional dan internasional untuk mempermudah pemantauan dan pendampingan
- Memantau dan menginformasikan masa berlaku akreditasi kepada Program Studi terkait
- Membuat laporan kinerja triwulan divisi kepada Kepala BPM
Divisi Audit
- Mengkoordinasikan pelaksanakan seluruh kegiatan audit mutu akademik
- Mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan monitoring dan evaluasi pembelajaran GKM dan UPM
- Membuat jadwal pelaksanaan kegiatan monev
- Memberi pengarahan kepada auditor tentang monev
- Membuat laporan pelaksanaan kegiatan monevin kepada Kepala BPM
- Melaporkan seluruh kegiatan AMI kepada Kepala BPM
- Membuat laporan kinerja triwulan divisi kepada Kepala BPM
Divisi Pengolahan Data dan Sistem Informasi
- Menyiapkan data dan informasi bidang akademik berkaitan dengan akreditasi prodi dan institusi
- Mendokumentasikan dan mempublikasikan hasil kegiatan BPM
- Melakukan maintenance/update data di laman bpm.uniba.ac.id
- Mendokumentasikan data dan informasi akademik yang dibutuhkan Divisi SPM, Akreditasi, dan Monev
- Merencanakan dan melakukan survei kepuasan pelanggan BPM dan kepuasan layanan manajemen UNIBA
- Membuat laporan hasil survei kepuasan dan keluhan pelanggan BPM dan kepuasan layanan manajemen UNIBA
- Membuat laporan kinerja triwulan divisi kepada Kepala BPM
- Membuat laporan keluhan pelanggan dan menindaklanjuti ke divisi/unit kerja terkait
- Memfasilitasi pengiriman borang melalui SAPTO
Staf
- Mengkoordinasi pengelolaan dan pendokumentasian administrasi BPM
- Mengajukan permohonan penerbitan surat tugas untuk setiap kegiatan baik ke luar maupun di dalam BPM
- Membuat notulensi rapat BPM dan RTM
- Membuat usulan pengadaan barang, pengajuan perbaikan barang, dan memelihara iklim kerja di BPM